Ranah Penelitian Bidang Komputer
Ranah penelitian bidang komputer (sumber : APTIKOM) terdiri dari bidang teknik informatika dan bidang sistem informasi.
Bidang Informatika
- Matematika dan Statistika
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linier serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilitas dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur disktrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Memahami konsep dasar tentang teori informasi yang berhubungan dengan komputasi numerik.
- memahami konsep dan teori tenatng kalkulus differensial dan kalkulus integral dengan teorema dasar kalkulus.
- Memahami konsep dan teori dasar diskrit seperti logika himpunan, boolean dan graf.
- Memahami konsep dan teori tentang persamaan linier dengan menggunakan matriks dan vector.
- Algoritma dan Pemrograman
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model
- bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menerapkan Metode dan Praktik Penggunaan
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian, dan pemelihaan sistem.
- Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menganalisis suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis, dan citra.
- Sistem Cerdas
- Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
- Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi.
- Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
- Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi,termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
- Memahami konsep dasar dan teori kecerdasan buatan berikut konsep dan turunan algoritmanya.
- Menerapkan kecerdasan buatan dengan mengimplementasikan algoritma secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
- Menganalisa implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
- Mengevaluasi implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
- Rekayasa Perangkat Lunak
- Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer.
- Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar
- pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Merancang program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis, dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural.
- Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Memahami konsep dan teori tentang database, Rekayasa Perangkat Lunak, berikut pengujian perangkat lunak itu sendiri.
- Komputer Arsitektur (Sistem Komputer)
- Menganalisis sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer.
- Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
- Merancang sistem keamanan serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mengimplementasikan konfigurasi keamanan informasi.
- Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer.
- Sistem Terdistribusi (Sistem Komputer)
- Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu.
- Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer.
- Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien.
- Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan.
- Grafik Komputer dan Multimedia
- Menguasai konsep pemodelan, rendering,animasi, visualisasi grafik komputer dan multimedia.
- Menjelaskan tentang grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia.
- Membuat aplikasi grafik, visualisasi grafik dan multimedia.
- Membuat animasi digital 3D.
Bidang Sistem Informasi
- Matematika dan Statistika
- Menerapkan konsep-konsep probabilitas dan statistic untuk menganalis data guna mendukung pemecahan masalah.
- Menjelaskan konsep dan teori dasar logika dan struktur diskrit untuk mendukung permodelan dan penganalisaan masalah.
- Memecahkan solusi dengan menggunakan bahasa matematika yang sesuai.
- Algoritma dan Pemrograman
- Menerapkan konsep dan teori dasar pemrograman komputer berbasis prosedural dan object oriented untuk membantu memecahkan masalah.
- Menggunakan berbagai pendekatan pemrograman dalam pengembangan sistem aplikasi TIK
- Memecahkan masalah komputasi dengan penggunaan struktur data yang sesuai.
- Membangun aplikasi sederhana di lingkungan berbasis web dan perangkat bergerak
- Rekayasa Perangkat Lunak
- Menjelaskan berbagai metodologi pengembangan sistem informasi.
- Menggunakan berbagai perangkat dan metoda untuk menganalisis aliran dan struktur informasi dalam proses organisasi.
- Menggunakan UML untuk memodelkan rancangan konseptual dari suatu sistem informasi.
- Merancang sistem informasi sesuai dengan prinsip prinsip user centred design.
- Infrastruktur Teknologi Informasi
- Menjelaskan teknologi platform (arsitektur dan sistem operasi) dalam sebuah infrastruktur teknologi informasi.
- Mengidentifikasi infrastruktur data center yang sesuai dengan kebutuhan dari suatu organisasi.
- Mengidentifikasi komponen dan perangkat jaringan dan komunikasi data yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
- Menganalisis kelebihan dan kekurangan berbagai teknologi dan memilih yang paling sesuai untuk mendukung kebutuhan infrastruktur organisasi.
- Menyusun roadmap dan komponen arsitektur teknologi
- Bisnis dan Manajemen
- Mendeskripsikan dan menganalisis berbagai tipe model bisnis
- Mengenali berbagai tipe peluang inovasi dan dampaknya terhadap rancangan model bisnis
- Mengidentifikasi peluang digitalisasi dalam perancangan dan inovasi model bisnis
- Mengidentifikasi prinsip-prinsip dan konsep dasar pengelolaan suatu bisnis organisasi (struktur, lingkungan organisasi, hirarki keputusan, serta kaitan antar organisasi).
- Mengidentifikasi dampak dari rancangan struktur organisasi dan dampaknya terhadap kinerja organisasi.
- Mengidentifikasi area fungsional dan proses bisnis terkait yang berdampak pada implementasi sistem informasi.
- Menganalisis kompleksitas yang berhubungan dengan pengelolaan perilaku kelompok dalam organisasi.
- Mendemonstrasikan kemampuan kunci dalam manajerial seperti pengambilan keputusan, manajemen waktu, perencanaan kerja, dsb.
- Pengolahan Data & Informasi
- Mengidentifikasi dan merancang model data sesuai dengan kebutuhan organisasi.
- Memetakan kebutuhan data ke dalam model relational mengimplementasikan rancangan basis data pada suatu DBMS.
- Menganalisis data dan menyajikan hasilnya untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan.
- Menyusun roadmap dan komponen arsitektur data
- Mengidentifikasi ancaman terhadap keamanan informasi.
- Mengidentifikasi dan menganalisis metode, alat bantu dan teknik untuk mengatasi ancaman informasi.
- Mengidentifikasi resiko keamanan informasi
- Sistem Informasi
- Menjelaskan komponen organisasi, teknologi dan manusia dari sistem informasi.
- Menjelaskan bagaimana organisasi dapat menggunakan sistem informasi untuk kepentingan kompetitif.
- Menjelaskan pentingnya keterkaitan antara strategi bisnis dan sistem informasi dalam menunjang efisiensi dan efektifitas investasi organisasi.
- Menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan ruang lingkup, waktu, sumber daya, dan biaya untuk memastikan kesuksesan proyek sistem informasi.
- Menerapkan perangkat dan teknik untuk perencanaan proyek seperti CPM, Gantt Chart, Program Manajemen Proyect.
- Memilih produk sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
- Menyusun roadmap dan komponen arsitektur aplikasi
- Mengidentifikasi risiko dari implementasi sebuah proyek sistem informasi dan strategi yang diperlukan untuk mengatasi resiko tersebut.
- Merencanakan ruang lingkup dan teknik untuk mengaudit sistem informasi.
- Mengidentifikasi solusi inovasi SI yang menjadi keunggulan kompetitif organisasi dan yang bermanfaat bagi masyarakat.
- Merumuskan kebutuhan, merancang, dan membangun sistem informasi secara berkelompok dengan menerapkan berbagai konsep dan teknik yang terkait.
- Sistem Enterprise
- Menjelaskan dasar-dasar sistem enterprise dan isu-isu dalam penerapannya.
- Menjelaskan bagaimana peranan sistem enterprise dalam mengintegrasikan area fungsional bisnis.
- Menjelaskan kebutuhan infrastruktur dari sebuah ecommerce.
- Menganalisis dampak dari e-commerce terhadap model dan strategi bisnis.