Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ranah Penelitian Bidang Komputer

Ranah penelitian bidang komputer  (sumber : APTIKOM) terdiri dari bidang teknik informatika dan bidang sistem informasi.


Bidang Informatika

  1. Matematika dan Statistika 
    1. Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
    2. Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linier serta metode numerik.
    3. Menguasai konsep dan ilmu probabilitas dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
    4. Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur disktrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
    5. Memahami konsep dasar tentang teori informasi yang berhubungan dengan komputasi numerik.
    6. memahami konsep dan teori tenatng kalkulus differensial dan kalkulus integral dengan teorema dasar kalkulus.
    7. Memahami konsep dan teori dasar diskrit seperti logika himpunan, boolean dan graf.
    8. Memahami konsep dan teori tentang persamaan linier dengan menggunakan matriks dan vector.
  2. Algoritma dan Pemrograman
    1. Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
    2. Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model
    3. bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
    4. Menerapkan Metode dan Praktik Penggunaan 
    5. Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian, dan pemelihaan sistem.
    6. Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
    7. Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
    8. Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
    9. Menganalisis suatu sistem berbasis komputer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman prosedural dan berorientasi objek.
    10. Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis, dan citra.
  3. Sistem Cerdas
    1. Menentukan pendekatan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi, memilih representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
    2. Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi.
    3. Menerapkan penggunaan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
    4. Evaluasi kinerja dari penerapan sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi,termasuk dalam pemilihan representasi pengetahuan dan mekanisme penalarannya.
    5. Memahami konsep dasar dan teori kecerdasan buatan berikut konsep dan turunan algoritmanya.
    6. Menerapkan kecerdasan buatan dengan mengimplementasikan algoritma secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
    7. Menganalisa implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
    8. Mengevaluasi implementasi algoritma secara secara pendekatan yang berbeda yaitu supervised, unsupervised, dan semi supervised.
  4. Rekayasa Perangkat Lunak
    1. Membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
    2. Menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi komputer.
    3. Memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep-konsep dasar
    4. pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak, serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu.
    5. Merancang program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis, dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
    6. Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
    7. Membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, sistem cerdas, dan bahasa natural.
    8. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
    9. Memahami konsep dan teori tentang database, Rekayasa Perangkat Lunak, berikut pengujian perangkat lunak itu sendiri.
  5. Komputer Arsitektur (Sistem Komputer)
    1. Menganalisis sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
    2. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi komputer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi komputer.
    3. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform pada Mobile Computing, serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
    4. Merancang sistem keamanan serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
    5. Mengimplementasikan konfigurasi keamanan informasi.
    6. Memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem komputer.
  6. Sistem Terdistribusi (Sistem Komputer)
    1. Merancang sistem jaringan komputer serta melakukan pengelolaan secara kontinu.
    2. Memahami prinsip dasar sistem jaringan komputer.
    3. Menerapkan algoritma paralel yang dapat memanfaatkan sumberdaya komputasi yang tersedia dengan efisien.
    4. Mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan.
  7. Grafik Komputer dan Multimedia
    1. Menguasai konsep pemodelan, rendering,animasi, visualisasi grafik komputer dan multimedia.
    2. Menjelaskan tentang grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia.
    3. Membuat aplikasi grafik, visualisasi grafik dan multimedia.
    4. Membuat animasi digital 3D.


Bidang Sistem Informasi

  1. Matematika dan Statistika
    1. Menerapkan konsep-konsep probabilitas dan statistic untuk menganalis data guna mendukung pemecahan masalah.
    2. Menjelaskan konsep dan teori dasar logika dan struktur diskrit untuk mendukung permodelan dan penganalisaan masalah.
    3. Memecahkan solusi dengan menggunakan bahasa matematika yang sesuai.
  2. Algoritma dan Pemrograman
    1. Menerapkan konsep dan teori dasar pemrograman komputer berbasis prosedural dan object oriented untuk membantu memecahkan masalah.
    2. Menggunakan berbagai pendekatan pemrograman dalam pengembangan sistem aplikasi TIK
    3. Memecahkan masalah komputasi dengan penggunaan struktur data yang sesuai.
    4. Membangun aplikasi sederhana di lingkungan berbasis web dan perangkat bergerak
  3. Rekayasa Perangkat Lunak
    1. Menjelaskan berbagai metodologi pengembangan sistem informasi.
    2. Menggunakan berbagai perangkat dan metoda untuk menganalisis aliran dan struktur informasi dalam proses organisasi.
    3. Menggunakan UML untuk memodelkan rancangan konseptual dari suatu sistem informasi.
    4. Merancang sistem informasi sesuai dengan prinsip prinsip user centred design.
  4. Infrastruktur Teknologi Informasi
    1. Menjelaskan teknologi platform (arsitektur dan sistem operasi) dalam sebuah infrastruktur teknologi informasi.
    2. Mengidentifikasi infrastruktur data center yang sesuai dengan kebutuhan dari suatu organisasi.
    3. Mengidentifikasi komponen dan perangkat jaringan dan komunikasi data yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
    4. Menganalisis kelebihan dan kekurangan berbagai teknologi dan memilih yang paling sesuai untuk mendukung kebutuhan infrastruktur organisasi.
    5. Menyusun roadmap dan komponen arsitektur teknologi
  5. Bisnis dan Manajemen
    1. Mendeskripsikan dan menganalisis berbagai tipe model bisnis 
    2. Mengenali berbagai tipe peluang inovasi dan dampaknya terhadap rancangan model bisnis
    3. Mengidentifikasi peluang digitalisasi dalam perancangan dan inovasi model bisnis
    4. Mengidentifikasi prinsip-prinsip dan konsep dasar pengelolaan suatu bisnis organisasi (struktur, lingkungan organisasi, hirarki keputusan, serta kaitan antar organisasi).
    5. Mengidentifikasi dampak dari rancangan struktur organisasi dan dampaknya terhadap kinerja organisasi.
    6. Mengidentifikasi area fungsional dan proses bisnis terkait yang berdampak pada implementasi sistem informasi.
    7. Menganalisis kompleksitas yang berhubungan dengan pengelolaan perilaku kelompok dalam organisasi.
    8. Mendemonstrasikan kemampuan kunci dalam manajerial seperti pengambilan keputusan, manajemen waktu, perencanaan kerja, dsb.
  6. Pengolahan Data & Informasi
    1. Mengidentifikasi dan merancang model data sesuai dengan kebutuhan organisasi.
    2. Memetakan kebutuhan data ke dalam model relational mengimplementasikan rancangan basis data pada suatu DBMS.
    3. Menganalisis data dan menyajikan hasilnya untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan.
    4. Menyusun roadmap dan komponen arsitektur data
    5. Mengidentifikasi ancaman terhadap keamanan informasi.
    6. Mengidentifikasi dan menganalisis metode, alat bantu dan teknik untuk mengatasi ancaman informasi.
    7. Mengidentifikasi resiko keamanan informasi
  7. Sistem Informasi
    1. Menjelaskan komponen organisasi, teknologi dan manusia dari sistem informasi.
    2. Menjelaskan bagaimana organisasi dapat menggunakan sistem informasi untuk kepentingan kompetitif.
    3. Menjelaskan pentingnya keterkaitan antara strategi bisnis dan sistem informasi dalam menunjang efisiensi dan efektifitas investasi organisasi.
    4. Menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan ruang lingkup, waktu, sumber daya, dan biaya untuk memastikan kesuksesan proyek sistem informasi.
    5. Menerapkan perangkat dan teknik untuk perencanaan proyek seperti CPM, Gantt Chart, Program Manajemen Proyect.
    6. Memilih produk sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
    7. Menyusun roadmap dan komponen arsitektur aplikasi
    8. Mengidentifikasi risiko dari implementasi sebuah proyek sistem informasi dan strategi yang diperlukan untuk mengatasi resiko tersebut.
    9. Merencanakan ruang lingkup dan teknik untuk mengaudit sistem informasi.
    10. Mengidentifikasi solusi inovasi SI yang menjadi keunggulan kompetitif organisasi dan yang bermanfaat bagi masyarakat.
    11. Merumuskan kebutuhan, merancang, dan membangun sistem informasi secara berkelompok dengan menerapkan berbagai konsep dan teknik yang terkait.
  8. Sistem Enterprise
    1. Menjelaskan dasar-dasar sistem enterprise dan isu-isu dalam penerapannya.
    2. Menjelaskan bagaimana peranan sistem enterprise dalam mengintegrasikan area fungsional bisnis.
    3. Menjelaskan kebutuhan infrastruktur dari sebuah ecommerce.
    4. Menganalisis dampak dari e-commerce terhadap model dan strategi bisnis.